1360. Daur Ulang

26-01-2024

Pada jamannya, ada istilah tinggal landas, sekarang ‘jaman emas’. Tahun sekian kita akan masuk ‘tahun emas’: bla … bla …. bla … Pada jamannya, lekat dengan istilah pembangunan, sekarang hilirisasi. Semua masalah dijawab dengan: hilirisasi. Pada jamannya, ada ‘hantu’ yang terus gentayangan, jaman now, ada juga. Pada jamannya, ada kelompok-kelompok ‘para-militer’ pendukung rejim, jaman now lebih menampakkan diri sebagai buzzerRp, dan bahkan juga pollsterRp. Tetapi yang mengkhawatirkan jika yang di-daur ulang itu adalah logika ‘jalur A-B-G’ itu. Jaman old, jalur ABG adalah jalur Abri, Birokrasi, dan Golkar. *** (26-01-2024)

1361. Makro-Etik

26-01-2024

Sikap fenomenologis” dalam Fenomenologi akan didahului dengan ‘bracketing’ atau hal-hal yang terendap dalam pemahaman berdasar pengalaman masa lalu itu ‘diberi tanda kurung’ atau ‘ditunda’ lebih dahulu. Pada bagian akhir abad-20, dikenal apa yang disebut sebagai ‘makro etik’, dan nampaknya itu berangkat dari ‘sikap fenomenologis’. Masalah-masalah etik kemudian tidak hanya taken for granted saja, tetapi perlu hal timbang-menimbang lebih luas dan dalam, terutama untuk hal-hal yang memang cakupannya cukup luas. Maka memang ‘makro etik’ ini segera saja dapat dibedakan dengan ‘mikro etik’ yang lebih individual sifatnya, atau dalam relasi-relasinya antar-individu. Lima-puluh tahun lalu, van Peursen dalam Strategi Kebudayaan menulis tentang ‘makro etik’ ini, “justru dewasa ini makro-etik tampil ke muka, karena etika ini menekankan aspek ‘bagaimana’ dalam perbuatan kita. Pun pula karena tahap sebelumnya menaruh segala perhatian pada mikro-etik: bagaimana aku harus berbuat terhadap sesamaku. Makro-etika tidak hanya memperluas lingkup pandangan kita, karena etika terhadap golongan-golongan seluruhnya mengatasi etika orang perorang, biarpun itu diproyeksikan kepada ruang lingkup yang lebih besar.[1] Tiga-tahun sebelum Strategi Kebudayaan terbit, Sidney Hook di Indonesia saat diskusi dengan beberapa cendekia (2 November 1971) mengatakan: “Masalah etis yang sesungguhnya, jika seorang membiarkan pengalaman morilnya sendiri, dirumuskan tidak sebagai pertentangan antara baik dan buruk, melainkan sebagai pertentangan antara baik dan baik, antara benar dan benar, serta antara baik dan benar.[2] Nampaknya Sidney Hook saat itu lebih sedang membicarakan soal ‘makro-etik’.

Mengapa membicarakan ‘makro-etik’? Karena ‘makro-etik ini akan sangat terkait dengan pengetahuan, dan menurut Alvin Toffler dalam Abad Informasi seperti sekarang ini, kekuatan pengetahuan-lah yang semestinya memimpin. Bermacam pengetahuan itu sebagian besarnya akan mewujud dalam ‘tehnik’, tidak hanya soal tehnik pesawat terbang misalnya, tetapi juga tehnik rekayasa genetic, dan bahkan juga bermacam hal produk berbasis Artificial Intelligence itu. Juga soal ‘tehnik’ di bidang agrikultur. Macam-macam. Termasuk juga bagaimana kita menyikapi apa yang disebut Manuel Castells sebagai ‘network-society’ misalnya.

Maka bisa dibayangkan jika suatu komunitas dipimpin oleh yang bahkan dengan tanpa beban menjadikan etika sebagai bahan olok-olok. Atau secara telanjang menunjukkan bahkan untuk urusan ‘mikro-etik’ saja tidak mampu. Nasib seperti apakah komunitas itu di abad-21? Maka jika dalam kontestasi pemilihan seperti sekarang ini, jika ada orang membicarakan soal etika itu sungguh sangat mendasar sifatnya. Dalam bagaimana menghayati soal etika ini, terlebih dalam ‘makro-etik’-nya, nasib republik sedang dipertaruhkan. Bertahun terakhir, tidak hanya keretakan ‘mikro-etik’ sering ditampilkan ke publik oleh banyak pejabat publik, tetapi terlebih adalah soal hancurnya ‘makro-etik’. Rejim nir-etik ini memang harus segera saja dihentikan. Begitu juga yang meng-klain diri sebagai penerusnya itu. Sungguh, gerombolan mereka ini hanya akan menjerumuskan republik dalam kegelapan di Abad-21 ini. *** (26-01-2024)

[1] Van Peursen Strategi Kebudayaan, Kanisius, 1997, cet. 7, hlm. 178-179

[2] Harsja W. Bachtiar, Percakapan Dengan Sidney Hook, Penerbit Djambatan, 1986, cet-3, hlm. 9

1362. Lik Kio Ogah Cuti (Ndableg Cuk)

27-01-2024

Pak Tholé siap-siap budhal nang Balé Déso, ono tanggapan péntas seko Pak Lurah Mukidi. Lumayan iso nggo mbayar listrik sesasi. Karo siap-siap Pak Tholé omong nang Mak’é Tholé: “Lik Kio[1] cuti sik waé yo Mak, lèrèn dhisik. Karo Sis Pini[2] waé ...”

Waah nèk kuwi omong dhéwé Pak. Langsung nang Lik Kio waé ... Kiiii lho Lik Kio-né ..... ,” Mak’é Tholé karo nggendong Lik Kio nyedhak Paké Tholé.

Lik …, kowé nang omah waé ... Lèrèn, istirahat ....” Pak Tholé omong karo Lik Kio. Lik Kio gèdhèg kenceng. “Iki maksudé opo?” Pak Tholé takon nang Mak’é Tholé.

Ogah .....,” jawab Mak’é Tholé singkat karo mèsem geli.

Pak Tholé mbalèni ujar: “Dino iki karo Sis Pini waé, Lik Kio istirahat, lèrèn ..... Cuti.”

Manèh, Lik Kio gèdhèg tambah kenceng. “Ogah ...” Mak’é Tholé njelaské karo rodo ngampet ngguyu. Ngikik sithik, ik ... ik ... ik.

Pak Tholé ndelok jam, terus waé ngajak Sis Pini lan asistèn budhal nang Balé Déso: “Tulung Lik Kio dikandhani manèh. Cuti waé sik ...”

Mak’é Tholé njawab: “Okélah kalo begitu .....”

Pak Tholé karo rombongan cilik sirkus mini terus numpak angkot. Sedhélok waé wis tekan Balé Déso. Pak Tholé ndelok jam, jebul kegasiken. Jam-é kepunjulan sak-jam-an, bedo karo jam-é asistèn sing pas maknyus. Mampir tuku gedhang nggo Sis Pini terus ménggok nang Mie Ayam Yu Yatmi ngejak sarapan asistèné.

Tekan Mie Ayam jebul wis dho kumpul sak gerombolan, Likwan, Totok, Kang Yos, Cak Babo, lan Koh Bos. Yu Yatmi langsung unjuk akrab: “Lho Pak Tholé kok gasik?”

Jawab Pak Tholé: “Iyo  Yu, kegasiken. Jamé kesregepen maju sak jam ..”

Kang Yos nimbrung: “Lik Kio kok ora diajak?”

Pak Tholé: “Iyo Kang, Lik Kio lagi cuti ....”

Cak Babo ujug-ujug waé inguk-inguk ndelok nang dalan: “Lhooo Pak, kaé sopo?”

Pak Tholé njur mèlu-mèlu inguk-inguk : “Lha kaé kan Mak’é Tholé karo nggéndong Lik Kio ....” Pak Tholé terus kongkonan asistèn mapag Mak’é Tholé sing nggendong Lik Kio.

Mak’é Tholé mèlu mlebu warung, langsung waé Koh Bos takon: “Omongé Bapaké Lik Kio cuti Mak ...”

Mak’é Tholé: “Lik Kio pancèn angèl kandanané Koh, njaluké mèlu waé ... coba ki takoni dhéwé Koh ...”

Koh Bos karo pecingas-pecingis omong karo Lik Kio :”Ora gelem cuti yooo ....”

Lik Kio terus gèdhèg kenceng. Totok terus nyambung takon nang Mak’é Tholé: “Maksudé kuwi opo Mak?”

Maksudé Lik Kio Tok?” Mak’é Tholé mestèké.

Hè’èh Mak ...”

Maksudé: Ogaaah ...!” jawab Mak’é Tholé.

Cak Babo sing lungguh cedhak Mak Tholé langsung ngelus-elus gundulé Lik Kio sing isih digendong Mak Tholé: ”Ogah cuti yaaa ....”

Lik Kio nunjuk pisang sing nang mejo karo terus gèdèg kenceng. “Ogaaah ....,” Totok sing nerjemahké.

Mak’é Tholé terus mèlu pesen mie ayam karo mothès gedang loro nggo Lik Kio, karo kasih penjelasan: “Lik Kio kuwi nèk ora cawé-cawéterus malah gatelen Tok …”

Gatel sak awak Mak?”

Hè’èh Tok, luwih-luwih cedhak selakangan karo sekitar ngisor irung …”

Tenané Mak …”

“Tenan kui Tok … Wis apal aku … Lha kuwi kan wis garuk-garuk irung … Nèk jebul tenan ora mèlu pèntas, wis garuk-garuk selakangané iso ora mandek-mandek … ”

“Ngono yo Mak …”

“Hè’èh Tok …”

Ujug-ujug waé HP-né Pak Tholé muni: “Hallo, ooo Pak Lurah, pripun ..., nggih ... nggih... Lakonipun?” Pak Tholé njawab telpon karo manthuk-manthuk.

Kétoké Pak Lurah Mukidi takon opo sing dadi lakoné mengko pas péntas. Kang Yos unjuk usul terus bisik-bisik nang Pak Tholé, diteruské Pak Tholé nang Pak Lurah Mukidi: “Lakonipun Pak Lurah ... meniko ... : Lik Kio Ogah Cuti....” *** (12-03-2019)[3]

[1] Soal Lik Kio meniko monggo dipun waos : “Pinokio Numpak KRL” wonten ing https://www.pergerakankebangsaan.com/232-Pinokio-Numpak-KRL/

[2] Sis Pini meniko adikipun Lik Kio, namung bènten ibu

[3]Versi asli: https://www.pergerakankebangsaan.com/236-Lik-Kio-Ogah-Cuti/, juga: https://pergerakankebangsaan.org/tulisan-28  No. 1212

1363.Tentang 'Tantangan' BT & Sepertiga Kekuatan Ekonomi Itu

28-01-2024

Bagaimana kita menghayati ‘tantangan terbuka’ dari BT dan sepertiga kekuatan ekonomi republik[1] beberapa waktu lalu itu? Dan mengapa harus dilawan juga dengan all-out? Pendapat David C. Korten dua-puluh tahun lalu (2004) ketika menggambarkan dinamika politik di Amerika Serikat dan di dunia pada umumnya kiranya bisa untuk titik berangkat: The real political divide in United States and the world is not between liberals and conservatives who in fact share a great many core values –including the values of democracy and community. It is between those of us committed to a politics based on principle and the common good, and those who purpose a politics of individual greed and power.”[2] Maka ada tiga kata yang mesti selalu diingat: lawan, lawan, dan lawan! Tidak akan ada kepongahan dan keserakahan yang dibiarkan jogat-joget sendirian. *** (28-01-2024)

[1] https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240123005325-617-1053043/boy-thohir-1-3-penyumbang-ekonomi-ri-siap-menangkan-prabowo-gibran

[2] David C. Korten, Presentation to the Second Annual Conference of the Business Alliance for Local Living Economies, Philadelphia, May 20–23, 2004, https://davidkorten.org/balle-renewing-the-american-experiment/

1364. Terlalu Banyak Penjilat

28-01-2024

Bagaimana jika pada jaman old yang keranjingan mengatakan, “atas petunjuk bapak” itu tidak hanya satu orang? Atau bahkan dikatakan tidak hanya sebagai ‘bapak pembangunan’ tetapi juga dikatakan mirip dengan orang-orang suci dalam ranah agama, misalnya. Atau dikatakan sebagai orang yang jujur. Dan masih ditambah dengan bermacam puja-puji lainnya. Atau setiap tahun di bulan Agustus didandani a la raja-raja, dan kemudian diyakinkan bahwa menteri-menteri yang sedang jogetan nggak karu-karuan itu adalah kerumunan ‘bangsawan’ yang sedang menghibur sang-raja. Tetap beda kelas antara raja dan kaum bangsawan-nya. Begitu kira-kira sang-dalang sedang memainkan wayang-wayangnya. Termasuk juga tentu wayang sosok sang-raja itu. Jadi menteri-menteri itu jika dalang-nya minta koprol dan kayang-pun mereka akan latihan habis-habisan sebelum acara agustusan itu. Jika itu yang terjadi, akankah di tahun 1998 itu ada pergantian kekuasaan? Machiavelli dalam Sang Penguasa empat-ratus tahun lalu memang menyinggung soal bagaimana pangeran mesti bersikap menghadapi penjilat. Tetapi Machiavelli tidak menyinggung jika penjilat-penjilat itu ternyata jumlahnya banyaaak sekali. Mati satu tumbuh sepuluh. Mungkinkah jika penjilatnya banyaaak sekali, Machiavelli akan berhenti menulis soal penjilat ini? Kalau toh mau ditulis mungkin singkat saja: sak-karep-karep-mu waé cuk …

Dorothy Law Nolte lahir seratus tahun lalu di Los Angeles adalah seorang pendidik, dan menulis puisi di tahun 1954 yang kemudian begitu terkenal di kalangan pendidik: Children Learn What They Live.[1] Sekitar setengah abad kemudian, penelitian tentang mirror neuron system kemudian berkembang. Seakan lebih meyakinkan bahwa puisi Children Learn What They Live memang sungguh penting adanya. Tetapi bagaimana soal penjilat seperti disinggung di atas kok rasa-rasanya sudah hadir layaknya sebuah wabah saja? Ada memang yang ‘bakat’-nya itu adalah besar sebagai penjilat. Tetapi sebenarnya tidak sedikit yang ‘bakat-penjilat’-nya tipis-tipis saja, hanya saja ia sedang menjadi (ter)-sandera kasus.

Maka kitapun bisa bertanya, apa tugas utama ‘eli-elit’ yang tersandera kasus? Dari bermacam jejak digital penampakan tugas utamanya adalah: membunuh akal sehat! Bahkan dengan sungguh brutal. Kerusakan republik yang sungguh tak terbayangkan oleh para pendiri republik. Para pejuang-pejuang kemerdekaan. ‘Elit-elit’ yang tersandera kasus itu telah berubah menjadi ‘zombie’. ‘Modal sosial’ yang ada di tangan seakan ada dalam sosok tanpa wajah manusia-nya. Akhirnya bukan zoon-politicon yang berkembang, tetapi sudah mendekati pada sosok zoon saja. Politik kemudian di sana-sini sudah disesaki oleh bermacam kegilaan. Kegilaan, karena inkosistensi dalam pilihan posisi seakan merupakan pilihan yang tidak perlu per-tanggung-jawab-an kepada publik lagi. Loncat-loncat semau-maunya seakan hidup dalam dunianya sendiri. Bukankah itu sebuah kegilaan tersendiri? Jaman digital-internet seperti sekarang ini inkosistensi menjadi sangat mudah untuk dihadirkan kepada publik melalui ‘panggilan-ulang’ dari bermacam jejak digital. Dan ketika tidak hadir pula penjelasan-rasional terhadap pilihan tersebut, maka satu-satunya penjelasan adalah memang publik sedang dihadapkan pada ‘kegilaan hasrat’ yang sudah sungguh tanpa beban.

 Jika kita sungguh mencintai anak-anak kita, maka tidak ada pilihan lain dalam rentang waktu elektoral ini: hentikan rejim sandera kasus ini! Kerusakan bagi siapa saja yang hidup di republik ini sungguh luar biasa. Terutama anak-anak kita, generasi muda republik. *** (28-01-2024)

[1] https://childrenlearnwhattheylive.com/